Asmara, Mojang Ayu and Suharyati, Henny and Sariswara, Valianty and Siregar, Mariana Rista Ananda (2024) PENGARUH CITRA MEREK INDOMIE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.
|
Text
MOJANG AYU ASMARA_044120339 - Mojang Ayu.pdf Download (2MB) |
Abstract
Makanan kemasan yang paling banyak dicari oleh konsumen Indonesia menurut ukmindonesia.id adalah makanan instan. Indomie menempati posisi pertama di Top Brand Index tahun 2023, sebagai mi instan paling populer di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, akan semakin banyak produk yang bermunculan di dalam satu kategori produk yang sama sehingga membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra merek Indomie di kalangan publik, mengetahui loyalitas konsumen Indomie, dan mengetahui pengaruh citra merek Indomie terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non- probability sampling dengan metode insidental sampling yaitu dengan mengumpulkan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui online Google Form kepada 100 orang responden, kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Kuesioner tersebut disebarkan kepada masyarakat Kabupaten Bogor dan merupakan seorang konsumen dari produk Indomie. Dalam penelitian ini menggunakan uji regresi atau uji pengaruh dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari citra merek Indomie terhadap loyalitas konsumen. Kemudian diperoleh juga nilai koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel citra merek Indomie terhadap variabel loyalitas konsumen adalah positif, yang berarti semakin tinggi tingkat citra merek Indomie, maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas konsumen. Hasil uji koefisien determinasi (R2) memperoleh nilai R square sebesar 0,576 atau 57,6%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 57,6% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh citra merek, dan 42,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:53 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 03:54 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

