Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih.

Malikul Ikhsan, Taufik (2024) Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taufik Malikul Ikhsan, Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih. Dibimbing oleh ANI ANDRIYATI dan MAYA WIDYASTITI. Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih dalam kondisi persaingan yang ketat, dimana salah satu Rumah Makan tersebut bisa saja mengalami penurunan jumlah konsumen dan menyebababkan kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, kedua rumah makan tersebut membutuhkan strategi pemasaran yang optimal agar dapat memperkirakan kemungkinan terburuk yang muncul dalam kondisi persaingan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisis strategi pemasaran yang optimal yaitu dengan menggunakan game theory. Game theory digunakan untuk menentukan strategi pemasaran terbaik dengan value of game suatu permainan. Data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden digunakan sebagai bahan analisis strategi pemasaran yang optimal menggunakan game theory dengan 5 strategi pemasaran, diantaranya strategi harga, promosi, menu makanan, rasa, dan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang optimal bagi Rumah Makan Saung Uwo untuk meningkatkan keuntungan digunakan strategi menu makanan dengan probabilitas keuntungan yang diperoleh sebesar 33% dan strategi rasa dengan probabilitas keuntungan yang diperoleh sebesar 67%, sedangkan strategi yang optimal bagi Rumah Makan Sambel Mimih untuk mengurangi kerugian digunakan strategi harga dengan probabilitas sebesar 67% dan strategi promosi dengan probabilitas yang diperoleh untuk mengurangi kerugian sebesar 33%. Value of game yang diperoleh sebesar 3,33 yang berarti Rumah Makan Saung Uwo mendapatkan peningkatan keuntungan yang awalnya 2 menjadi 3,33 dan Rumah Makan Sambel Mimih mampu menurunkan kerugian yang awalnya 6 menjadi 3,33. Kata kunci: Strategi pemasaran, Game theory, Metode simpleks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Matematika
Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Matematika > Komputer elektronik. Ilmu Komputer
Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Matematika > Perangkat lunak komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:27
Last Modified: 15 Sep 2025 07:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9922

Actions (login required)

View Item View Item