Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Aplikasi Adobe Animate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.

Briliantine, Siti Nur Azizah (2025) Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Aplikasi Adobe Animate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
BRILIANTINE SITI NUR AZIZAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu topik yang kompleks dan memerlukan pemahaman visual serta konseptual yang tinggi. Namun, media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII E SMP Rimba Teruna. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, angket respon siswa dan guru, serta lembar validasi media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate sangat valid menurut ahli media (96,36%) dan ahli materi (92,50%). Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan N-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori “tinggi”, uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Respon guru dan siswa terhadap media juga sangat positif, dengan persentase kepraktisan masing-masing 95,00% dan 91,29%, yang termasuk dalam kategori "sangat praktis". Maka, media Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Kata Kunci: Adobe Animate, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Oct 2025 04:53
Last Modified: 08 Oct 2025 04:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9963

Actions (login required)

View Item View Item