Neng, Marwa Turrosidah (2025) Pengembangan E-modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Socio-Scientific IssuesUntuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
Neng Marwa Turrosidah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Neng Marwa Turrosidah. 036121021. Pengembangan E-modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Socio-Scientific IssuesUntuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Skripsi. Univertas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rifki Risma Munandar, M.Pd., dan Lilis Suprartman, M.Si. Rendahnya tingkat literasi sains siswa di Indonesia merupakan permasalahan yang perlu segera ditangani, mengingat literasi sains merupakan salah satu kompetensi esensial abad ke-21. Literasi sains mencakup kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah, merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, serta menginterpretasikan data dan bukti secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi keanekaragaman hayati guna meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas X IPA 4 di SMA Taman Islam dengan desain one group pretestposttest. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 89% dan 97%, sementara hasil validasi oleh ahli media meningkat dari 57% menjadi 96% setelah revisi, yang seluruhnya berada dalam kategori sangat layak. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 0,59 yang tergolong dalam kategori sedang. Respon siswa terhadap E-modul mencapai 87,5%, sedangkan respon guru sebesar 93,3%, keduanya berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, E-modul berbasis SSI dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa, serta dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang kontekstual dan inovatif. Kata kunci: E-modul, Socio-Scientific Issues, Literasi Sains, Keanekaragaman Hayati.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 04:54 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 04:54 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

