Azzura, Gryniprillady Meyradhia (2025) Pengembangan Flash Card Augmented Realty Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk Meningkatkan Literasi Digital Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
SOFT FILE SKRIPSI AZZURA LENGKAP.pdf Download (1MB) |
Abstract
Azzura Gryniprilly Meyradhia. 036121018. Pengembangan Flash Card Augmented Reality pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk Meningkatkan LIterasi Digital Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Indri Yani, M.Pd dan Desti Herawati, M.Pd.: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa flash card berbasis augmented reality (AR) pada materi sistem saraf pada manusia serta mengkaji efektifitasnya dalam meningkatkan literasi digital dan hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi sistem saraf manusia yang bersifat abstrak dan kurangnya literasi digital dalam pembelajaran sehingga siswa kurang di latih umntuk menggunakan teknologi secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media flash card AR divalidasi oleh ahli materi dan media dengan presentase kelayakan masing-masing 89% dan 94% yang tergolong sangat valid. Uji coba dilakukan pada 36 siswa kelas XI SMAN 1 Ciawi dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasi analisis menunjukan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pretest 57,6 dan posttest 88,5 serta nilai N-Gain sebesai 0,73 (kategori tinggi). Hasil observasi literasi digital secara keseluruhan menunjukan literasi digital siswa dikatakan baik karena presentase kemunculan kemampuan pada semua indikator di rentang 70%-100%. Selain itu, Flash Card AR mendapat respon sangat positif bagi siswa dan guru, dengan presentase masing-masing 94,38% dan 95,%. Media ini terbukti mampu memfasilitasi pemahaman konsep yang kompleks secara visual dan interaktif serta meningkatkan literasi digital siswa. Dengan demikian, media flash card AR layak digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi di jenjang SMA.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:00 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 05:00 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

