nalisis Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Arjawinangun.

Karyati, Karyati (2021) nalisis Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Arjawinangun. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Karyati.pdf

Download (1MB)

Abstract

KARYATI. 036117024. Analisis Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Arjawinangun. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Rita Istiana, S.Si., M.Pd., dan Dr. Indri Yani, M.Pd. Berdasarkan latar belakang penelitian bahwa siswa memiliki perilaku tanggung jawab yang kurang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y serta untuk mengetahui faktor lain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa MIPA SMAN 1 Arjawinangun TA 2020/2021 dengan sampel 262 responden. Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan kuisioner dan tes pilihan ganda. Data penelitian kualitatif diperoleh menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 26. Analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,045 dan koefisien determinasi (r²) = 0,002% dengan nilai interpretasinya sangat rendah. Nilai r² mengandung arti bahwa perilaku tanggung jawab lingkungan dipengaruhi oleh kemampuan memecahkan permasalahan lingkungan, sedangkan 99,98% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil wawancara faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu kurangnya kesadaran diri, lingkungan keluarga, minimnya pengetahuan yang didapat, kurangnya dukungan motivasi dalam belajar yakni kondisi pandemi saat ini yang mengakibatkan sumber belajar dan wawasan yang didapat tidak maksimal. Kata Kunci: Kemampuan Memecahkan Masalah, Perilaku, Permasalahan Lingkungan, Sequential Explanatory, Tanggung Jawab Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Oct 2025 05:01
Last Modified: 08 Oct 2025 05:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9990

Actions (login required)

View Item View Item