Eka, Pertiwi (2018) enerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
Eka Pertiwi.pdf Download (821kB) |
Abstract
Eka Pertiwi, 036113052 Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Universitas Pakuan,Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U Peneltian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan objek yang diteliti. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi, melalui model pembelajaran BBL dan media Ular Tangga. Penelitian ini dilakukan dikelas XI - IPA 2 SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 43 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. siklus I yaitu 53,49% dan siklus II adalah 76,74% yang sesuai dengan pencapaian KKM sebesar 75 Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan menggunakan Media Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata kunci : Hasil belajar, Brain Based Learning (BBL) dan Media Ular Tangga.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:02 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 05:02 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

