Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi.

Iwan, Ridwansyah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
IWAN RIDWANSYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa kelas X-MIA1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi yang meliputi ranah kognitif, dan ranah afektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukannya penelitian sebesar 68 dengan persentase pencapaian KKM 53%, Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif meningkat manjadi 70.20 dengan persentase pencapaian KKM 65.78%, siklus kedua nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 76.89 dengan persentase pencapaian KKM 81.57%. Hasil belajar ranah afektif siklus pertama sebesar 74.91 dengan persentase pencapaian 68.42%, dan meningkat pada siklus kedua sebesar 80.49 dengan persentase pencapaian 84.21%. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai 71.06%, dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 74.86%. Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di kelas X-MIA1 MAN Cijeruk Bogor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Oct 2025 05:02
Last Modified: 08 Oct 2025 05:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9993

Actions (login required)

View Item View Item