eprintid: 10004 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/04 datestamp: 2025-10-08 05:05:25 lastmod: 2025-10-08 05:05:25 status_changed: 2025-10-08 05:05:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuryadi, Saputra creators_NPM: 036115013 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nandang, Hidayat contributors_name: Suci, Siti Lathifah contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan Model Pembelajaran 5E + I Card Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Nuryadi Saputra. 036115013. Pengembangan Model Pembelajaran 5E + I Card Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Inovasi model pembelajaran sangat diperlukan dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Oktober 2019. Populasi pada penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPA SMAN 1 Rumpin tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian yaitu XI IPA 3 yang berjumlah 31 orang peserta didik dan penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan one group pretest-postest tanpa menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi pengembangan model pembelajaran dilakukan oleh tiga orang validator yang menunjukkan kriteria valid dengan tingkat pencapaian 83,3% sehingga pengembangan model layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis N-gain pretest dan posttest menunjukkan rata-rata nilai N-gain 0,6 dengan kriteria sedang dan pada uji t one sampel pada taraf signifikan α= 5% diperoleh nilai thitung > ttabel (2,44 > 2,04) maka hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran 5E pada materi jaringan tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: pengembangan model pembelajaran, jaringan tumbuhan, meningkatkan hasil belajar. date: 2019 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nuryadi, Saputra (2019) Pengembangan Model Pembelajaran 5E + I Card Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10004/1/Nuryadi%20Saputra.pdf