%D 2025 %T Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan FlippingBook pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. %X rsyani Aulia. 032121004. Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan FlippingBook pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi di kelas X SMAN 1 Pelabuhanratu yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar digital berupa e-modul teks laporan hasil observasi menggunakan FlippingBook yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket analisis kebutuhan, validasi ahli, serta respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi isi, kebahasaan, dan penyajian dengan skor di atas 81% pada setiap aspek, serta respons positif dari pengguna. Produk bahan ajar ini memiliki keunggulan berupa akses fleksibel, tampilan yang menarik, serta materi yang disajikan secara interaktif dan sistematis. Produk ini memiliki keunggulan berupa akses fleksibel, tampilan menarik, dan penyajian materi yang interaktif serta sistematis. E-modul juga mendukung pembelajaran mandiri dan meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata nilai di atas 0,7 yang termasuk kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa e-modul FlippingBook efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta didik. Hasil respons guru memperoleh skor 98%, sedangkan respons peserta didik mencapai skor 93% dari 30 responden. Dengan demikian, bahan ajar digital ini dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks laporan hasil observasi. Kata kunci: bahan ajar, e-modul, FlippingBook, dan teks laporan hasil observasi. %L eprintsunpak10010 %I Universitas Pakuan %A Aulia Irsyani