<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine\r\npada Materi Teks Biografi Kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Kabupaten\r\nBogor."^^ . "Intan Hervina. 032121007. Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine\r\npada Materi Teks Biografi Kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Kabupaten\r\nBogor. Di bawah bimbingan Stella Talitha, M.Pd. dan Ainiyah Ekowati,\r\nM.Pd.\r\nBahan ajar memegang peran penting dalam mendukung pembelajaran\r\nkarena menjadi sumber utama bagi peserta didik. Kualitas pendidikan tidak hanya\r\nbergantung pada metode mengajar, tetapi juga pada kelayakan bahan ajar. Namun,\r\nbahan ajar konvensional seperti buku teks masih terbatas dalam hal interaktivitas\r\ndan aksesibilitas, sehingga kurang mampu membangkitkan minat belajar peserta\r\ndidik. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa ketersediaan bahan ajar di\r\nsekolah belum sepenuhnya memadai. Hal ini disebabkan oleh proses peralihan\r\nmenuju Kurikulum Merdeka yang mengakibatkan keterbatasan buku teks,\r\nsehingga pembelajaran hanya bergantung pada modul cetak pegangan pendidik.\r\nPenelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul menggunakan Heyzine untuk\r\nmengetahui kelayakan dan keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman\r\npeserta didik terhadap materi teks biografi. E-modul ini dirancang menyerupai\r\nbuku cetak dan dilengkapi fitur multimedia, seperti gambar, video, audio, dan\r\nkuis, sehingga materi disajikan secara menarik, interaktif, dan mudah diakses.\r\nPenelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model\r\nADDIE, yang mencakup tahapan analysis, design, development, implementation,\r\ndan evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul memperoleh skor\r\nkelayakan sebesar 98% dari ahli materi, 81% dari ahli bahasa, dan 88% dari ahli\r\nmedia seluruhnya termasuk kategori “sangat layak.” Uji efektivitas melalui hasil\r\npretest dan posttest menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,8 yang termasuk dalam\r\nkategori “tinggi.” Selain itu, respons peserta didik terhadap e-modul mencapai\r\n91%, dan respons pendidik sebesar 95%, keduanya menunjukkan kategori “sangat\r\nlayak.” Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan\r\nHeyzine layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi teks biografi\r\ndi kelas X SMK.\r\nKata Kunci: E-Modul, Heyzine, Teks Biografi"^^ . "2025" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Ekowati"^^ . "Ainiyah"^^ . "Ekowati Ainiyah"^^ . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Hervina"^^ . "Intan"^^ . "Hervina Intan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine\r\npada Materi Teks Biografi Kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Kabupaten\r\nBogor. (Text)"^^ . . . "SKRIPSI INTAN HERVINA 032121007.pdf"^^ . . "HTML Summary of #10011 \n\nPengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine \npada Materi Teks Biografi Kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Kabupaten \nBogor.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .