<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Persiapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII MTS Al-Abror Kota Bogor."^^ . "Fitrah : Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan\r\nKemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII MTs Al-Abror Bogor,\r\nFakultas Keguruan Dan Ilnu Pendidikan, Unpak, 2020.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based\r\nLearning dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII MTs\r\nAl-Abror Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis\r\nsurat dinas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi\r\ndalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII MTs Al-Abror Bogor. Sampel dalam\r\npenelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai\r\nkelas kontrol. Teknik pengambilan sampel, yaitu menggunakan teknik cluster random\r\nsampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model Problem Based Learning dalam\r\nmeningkatkan kemampuan menulis surat dinas dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut\r\ndibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-\r\nrata kelas, 39,3% dapat diketahui taraf kemampuan siswa berada pada tingkat tidak\r\nmampu dalam menulis teks diskusi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas\r\neksperimen dalam menulis teks diskusi meningkat menjadi 89,7% dengan taraf\r\nkemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas\r\nkontrol tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi\r\n1,672,39. Hal tersebut menunjukkan tingkat peningkatan yang signifikan pada\r\nkelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam\r\nmenulis teks diskusi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang didapatkan\r\nsebanyak (65%) sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menyusun struktur\r\nteks diskusi berupa isu/permasalahan. Kemudian sebanyak (61%) siswa sebagian besar\r\nmengalami kesulitan menggunakan ciri Bahasa dalam menulis teks diskusi. Selain itu,\r\n(58%) siswa atau sebagian besar kesulitan memecahkan masalah yang disajikan dalam\r\nmenulis surat dinas. Dengan demikian, model Problem Based Learning dapat\r\nmeningkatkan kemampuan menulis surat dinas, meskipun siswa masih mengalami\r\nbeberapa kendala.\r\nKata kunci: Kemampuan menulis, surat dinas, Model Problem Based Learning"^^ . "2020" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Rosdiana"^^ . "Rina"^^ . "Rosdiana Rina"^^ . . "Dwi Fadillah"^^ . "Fitrah"^^ . "Dwi Fadillah Fitrah"^^ . . "Sarimanah"^^ . "Eri"^^ . "Sarimanah Eri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Persiapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII MTS Al-Abror Kota Bogor. (Text)"^^ . . . "Fitrah_Dwi_Fadillah_(032113019_)[1]_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #10021 \n\nPersiapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII MTS Al-Abror Kota Bogor.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .