eprintid: 10021 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/21 datestamp: 2025-10-08 05:10:02 lastmod: 2025-10-08 05:10:02 status_changed: 2025-10-08 05:10:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitrah, Dwi Fadillah creators_NPM: 032113019 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Persiapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII MTS Al-Abror Kota Bogor. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Fitrah : Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII MTs Al-Abror Bogor, Fakultas Keguruan Dan Ilnu Pendidikan, Unpak, 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII MTs Al-Abror Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis surat dinas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII MTs Al-Abror Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel, yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata- rata kelas, 39,3% dapat diketahui taraf kemampuan siswa berada pada tingkat tidak mampu dalam menulis teks diskusi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks diskusi meningkat menjadi 89,7% dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,672,39. Hal tersebut menunjukkan tingkat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks diskusi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang didapatkan sebanyak (65%) sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menyusun struktur teks diskusi berupa isu/permasalahan. Kemudian sebanyak (61%) siswa sebagian besar mengalami kesulitan menggunakan ciri Bahasa dalam menulis teks diskusi. Selain itu, (58%) siswa atau sebagian besar kesulitan memecahkan masalah yang disajikan dalam menulis surat dinas. Dengan demikian, model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis surat dinas, meskipun siswa masih mengalami beberapa kendala. Kata kunci: Kemampuan menulis, surat dinas, Model Problem Based Learning date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fitrah, Dwi Fadillah (2020) Persiapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII MTS Al-Abror Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10021/1/Fitrah_Dwi_Fadillah_%28032113019_%29%5B1%5D_compressed.pdf