<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA."^^ . "Vidya Sandwiarti. 032121011. Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam\r\nAcara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta\r\nImplikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. Universitas Pakuan Bogor. Di\r\nbawah bimbingan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M,\r\nM.Pd.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur\r\nilokusi asertif dan direktif dalam acara “Main Monopoli(tik)” di kanal YouTube\r\nMata Najwa, serta mengkaji implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di\r\nSMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan\r\npragmatik. Sumber data berjumlah 80 tuturan, terdiri dari 60 data asertif dan 20 data\r\ndirektif yang diperoleh dari dialog antara pembawa acara dan narasumber. Analisis\r\ndilakukan berdasarkan klasifikasi tindak tutur menurut John Searle. Tindak tutur\r\nasertif mencakup lima bentuk, yaitu: menyatakan (19 data), mengeluh (23 data),\r\nmembanggakan (8 data), menuntut (2 data), dan melaporkan (8 data). Sementara\r\nitu, tindak tutur direktif terdiri dari: menyarankan (10 data), menasihati (6 data),\r\nmemohon (2 data), memerintah (1 data), dan meminta (1 data). Tindak tutur asertif\r\ndigunakan untuk mengungkapkan sikap, pandangan, dan keyakinan penutur\r\nterhadap suatu hal. Sedangkan, tindak tutur direktif digunakan untuk mempengaruhi\r\natau mengarahkan mitra tutur agar melakukan tindakan tertentu. Data yang\r\ndiperoleh telah diuji melalui triangulasi teori, teknik, dan sumber dengan\r\nmelibatkan tiga triangulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur\r\nasertif paling dominan dan keduanya memiliki potensi sebagai bahan ajar\r\nkontekstual dalam pembelajaran Teks Argumentasi di kelas XI SMA. Tayangan ini\r\ndapat melatih siswa berpikir kritis, memahami fungsi bahasa dalam wacana nyata,\r\nserta mengembangkan kemampuan berargumentasi siswa.\r\nKata kunci: tindak ilokusi,YouTube, pembelajaran bahasa Indonesia."^^ . "2025" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Sandwiarti"^^ . "Vidya"^^ . "Sandwiarti Vidya"^^ . . "Fauzi Mubarock"^^ . "Wildan"^^ . "Fauzi Mubarock Wildan"^^ . . "Hilal"^^ . "Ruhatul"^^ . "Hilal Ruhatul"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. (Text)"^^ . . . "SKRIPSI VIDYA SANDWIARTI_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #10023 \n\nAnalisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .