eprintid: 10023 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/23 datestamp: 2025-10-08 05:10:28 lastmod: 2025-10-08 05:10:28 status_changed: 2025-10-08 05:10:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vidya, Sandwiarti creators_NPM: 03212101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wildan, Fauzi Mubarock contributors_name: Ruhatul, Hilal contributors_NIDN: 0407128409 contributors_NIDN: 0422119201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Vidya Sandwiarti. 032121011. Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi asertif dan direktif dalam acara “Main Monopoli(tik)” di kanal YouTube Mata Najwa, serta mengkaji implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data berjumlah 80 tuturan, terdiri dari 60 data asertif dan 20 data direktif yang diperoleh dari dialog antara pembawa acara dan narasumber. Analisis dilakukan berdasarkan klasifikasi tindak tutur menurut John Searle. Tindak tutur asertif mencakup lima bentuk, yaitu: menyatakan (19 data), mengeluh (23 data), membanggakan (8 data), menuntut (2 data), dan melaporkan (8 data). Sementara itu, tindak tutur direktif terdiri dari: menyarankan (10 data), menasihati (6 data), memohon (2 data), memerintah (1 data), dan meminta (1 data). Tindak tutur asertif digunakan untuk mengungkapkan sikap, pandangan, dan keyakinan penutur terhadap suatu hal. Sedangkan, tindak tutur direktif digunakan untuk mempengaruhi atau mengarahkan mitra tutur agar melakukan tindakan tertentu. Data yang diperoleh telah diuji melalui triangulasi teori, teknik, dan sumber dengan melibatkan tiga triangulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur asertif paling dominan dan keduanya memiliki potensi sebagai bahan ajar kontekstual dalam pembelajaran Teks Argumentasi di kelas XI SMA. Tayangan ini dapat melatih siswa berpikir kritis, memahami fungsi bahasa dalam wacana nyata, serta mengembangkan kemampuan berargumentasi siswa. Kata kunci: tindak ilokusi,YouTube, pembelajaran bahasa Indonesia. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Vidya, Sandwiarti (2025) Analisis Ilokusi Asertif dan Direktif dalam Acara Main Monopoli(tik) pada Kanal YouTube Mata Najwa serta Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10023/1/SKRIPSI%20VIDYA%20SANDWIARTI_compressed.pdf