relation: http://eprints.unpak.ac.id/10024/ title: Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Tugu 207 Bogor creator: Derry, Suhendar subject: PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA description: Derry Suhendar: Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Tugu 207 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Instruction dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP PGRI Tugu 207 Bogor serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model Problem Based Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Tugu 207. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks cerita fantasi dari 48,4 menjadi 68,4. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh harga ttes= 3,07 dan db= 72. Nilai db= 72 tidak terdapat dalam tabel maka dicari db yang mendekati, yaitu db 70 dan diperoleh ttabel, t0,05= 1,66 dan t0,01= 2,38. Dengan demikian, ttes signifikan karena nilai ttabel2,38. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model Problem Based Instruction terbukti kebenarannya. Berdasarkan data angket, diketahui bahwa 68% siswa mengalami kendala dalam menentukan tema, 59% siswa mengalami kendala dalam menentukan judul 65% siswa mengalami kendala dalam menentukan alur cerita, 59% siswa mengalami kendala dalam menuangkan ide, 54% siswa mengalami kendala dalam menentukan konflik, 78% siswa mengalami kendala dalam menyusun diksi, dan 62% siswa mengalami kendala dalam menerapkan ejaan dalam menulis teks cerita fantasi. Kata kunci: model Problem Based Instruction, keterampilan menulis, teks cerita fantasi date: 2021 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/10024/1/SKRIPSI%20DERRY%20SUHENDAR%20032115020-1-170_compressed.pdf identifier: Derry, Suhendar (2021) Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Tugu 207 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.