<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Model Problem Based Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII\r\nSMP PGRI Tugu 207 Bogor"^^ . "Derry Suhendar: Penerapan Model Problem Based Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII\r\nSMP PGRI Tugu 207 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra\r\nIndonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor\r\n2021.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Instruction\r\ndalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP\r\nPGRI Tugu 207 Bogor serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis\r\nteks cerita fantasi melalui penerapan model Problem Based Instruction. Metode yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data\r\nyang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Tugu 207. Sampel penelitian ini adalah kelas\r\nVII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan teknik\r\nsampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model\r\npembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis\r\nteks cerita fantasi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya\r\npeningkatan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks cerita fantasi dari 48,4 menjadi\r\n68,4. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes\r\ndiperoleh harga ttes= 3,07 dan db= 72. Nilai db= 72 tidak terdapat dalam tabel maka\r\ndicari db yang mendekati, yaitu db 70 dan diperoleh ttabel, t0,05= 1,66 dan t0,01= 2,38.\r\nDengan demikian, ttes signifikan karena nilai ttabel2,38. Hipotesis\r\nkedua yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita fantasi melalui\r\npenerapan model Problem Based Instruction terbukti kebenarannya. Berdasarkan data\r\nangket, diketahui bahwa 68% siswa mengalami kendala dalam menentukan tema, 59%\r\nsiswa mengalami kendala dalam menentukan judul 65% siswa mengalami kendala\r\ndalam menentukan alur cerita, 59% siswa mengalami kendala dalam menuangkan ide,\r\n54% siswa mengalami kendala dalam menentukan konflik, 78% siswa mengalami\r\nkendala dalam menyusun diksi, dan 62% siswa mengalami kendala dalam menerapkan\r\nejaan dalam menulis teks cerita fantasi.\r\nKata kunci: model Problem Based Instruction, keterampilan menulis, teks cerita fantasi"^^ . "2021" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Suhendar"^^ . "Derry"^^ . "Suhendar Derry"^^ . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Model Problem Based Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII\r\nSMP PGRI Tugu 207 Bogor (Text)"^^ . . . "SKRIPSI DERRY SUHENDAR 032115020-1-170_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #10024 \n\nPenerapan Model Problem Based Instruction dalam \nMeningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII \nSMP PGRI Tugu 207 Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .