%D 2023 %T Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. %X Evita Hasan 032119083. Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Stella talitha, M.Pd. dan Siti Chodijjah, M.Pd. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berbasis masalah yang bercirikan adanya permasalahan dunia nyata sebagai konteks untuk para peserta didik berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi, serta untuk mengetahui model problem based learning sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian Kuantitatif adalah metode berkiatan dengan angka yang akan diolah berupa perhitungan , pembahasan dan pengujian hipotesis dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pengolahan data statistika sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini adalah tes dan nontes. Keterampilan menulis teks narasi yang menjadifokus penelitian ini. Dari hasil penelitian ini 85% siswa meningkat dalam keterampilan menulis teks naras. Hasil ini memberikan hal yang positif bagipembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kata kunci. Problem based learning, menulis, dan teks narasi %L eprintsunpak10030 %I Universitas Pakuan %A Hasan Evita