eprintid: 10030 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/30 datestamp: 2025-10-08 05:12:23 lastmod: 2025-10-08 05:12:23 status_changed: 2025-10-08 05:12:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Evita, Hasan creators_NPM: 032119083 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Stella, Talitha contributors_name: Siti, Chodijah contributors_NIDN: 0417099101 contributors_NIDN: 0404098403 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Evita Hasan 032119083. Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Stella talitha, M.Pd. dan Siti Chodijjah, M.Pd. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berbasis masalah yang bercirikan adanya permasalahan dunia nyata sebagai konteks untuk para peserta didik berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi, serta untuk mengetahui model problem based learning sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian Kuantitatif adalah metode berkiatan dengan angka yang akan diolah berupa perhitungan , pembahasan dan pengujian hipotesis dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pengolahan data statistika sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini adalah tes dan nontes. Keterampilan menulis teks narasi yang menjadifokus penelitian ini. Dari hasil penelitian ini 85% siswa meningkat dalam keterampilan menulis teks naras. Hasil ini memberikan hal yang positif bagipembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kata kunci. Problem based learning, menulis, dan teks narasi date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Evita, Hasan (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10030/1/2023_SKRIPSI_EVITA%20HASAN_032119083_compressed.pdf