eprintid: 10038 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/38 datestamp: 2025-10-08 05:14:23 lastmod: 2025-10-08 05:14:23 status_changed: 2025-10-08 05:14:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tri, Endang Runtanti creators_NPM: 032119016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Wildan, Fauzi Mubarock contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0407128409 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Psikologi Humanistik Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Tri Endang Runtanti. 032119016. Analisis Psikologi Humanistik Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. Karya sastra salah satunya berbentuk novel, novel saat ini sudah menjadi sebuah cerminan bagi keadan masyarakat, karena isi dalam karya sastra lebih sering menyajikan segala bentuk yang ada di lingkungannya. Setiap manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan untuk mengaktualisasi diri. Tulisan bertujuan untuk mengkaji tokoh utama dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata berdasarkan teori Psikologi Humanistik Abraham Maslow dengan fokus penelitian menganalisis ciri aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Sesuai dengan objek penelitian maka metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data pada penelitian ini ialah kata, frasa, kalimat, dan dialog dalam novel Guru Aini yang menunjukkan adanya ciri aktualisasi diri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik membaca dan mencatat secara berulang-ulang. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap dalam menganalisis data yaitu mengkaji dan menganalisis datadata lalu diidentifikasikan dan diklasifikasikan sesuai ciri aktualisasi diri. Dalam penelitian ini digunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data yang ditemukan. Berdasarkan hasil analisis data tokoh utama novel Guru Aini merupakan pribadi yang teraktualisasi diri karena ditemukan sebanyak 81 data yang diklasifikasikan ke dalam tujuh ciri aktualisasi diri pada tokoh utama. Ciri yang ditunjukkan oleh tokoh utama paling dominan spontanitas, hubungan yang baik, dan keputusan-keputusan. Ciri aktualisasi diri Mampu Melihat Realitas Secara efisien sebanyak 7 data, penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain sebanyak 8 data, spontanitas, kesederhanaan, dan kewajaran sebanyak 17 data. terpusat pada persoalan terdapat 7 data, hubungan interpersonal sebanyak 15 data. kesadaran sosial sebanyak 11 data, dan independensi sebanyak 16 data. Dari data tersebut memberikan persepsi bahwa semua manusia memiliki kesempatan untuk mencapai keberhasilan dalam mencapai pribadi yang teraktualisasi. Kata Kunci : Karya Sastra, Psikologi Humanistik, Aktualisasi Diri. date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Tri, Endang Runtanti (2023) Analisis Psikologi Humanistik Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10038/1/Tri%20Endang%20Runtanti%20.pdf