eprintid: 10047 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/00/47 datestamp: 2025-10-08 05:16:44 lastmod: 2025-10-08 05:16:44 status_changed: 2025-10-08 05:16:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ridwan, Aisyah Hamidah creators_name: Hartini, Sri creators_name: Hannan, Sufrin creators_NPM: 021121352 creators_NPM: 0414115801 creators_NPM: 0419116301 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ridwan, Aisyah Hamidah contributors_name: Hartini, Sri contributors_name: Hannan, Sufrin contributors_NIDN: 021121352 contributors_NIDN: 0414115801 contributors_NIDN: 0419116301 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan School Branding di SMPIT At-Takwin. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: AISYAH HAMIDAH RIDWAN. 021121352. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan School Branding di SMPIT At-Takwin. Di bawah bimbingan: Sri Hartini dan Sufrin Hannan, 2025. Strategi pemasaran memegang peranan penting dalam membentuk citra dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di tengah dinamika masyarakat yang terus berkembang. Sekolah sebagai penyedia jasa pendidikan dituntut untuk mampu merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif guna menarik minat masyarakat serta membangun reputasi yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan strategi pemasaran dalam meningkatkan citra sekolah (school branding) di SMPIT At-Takwin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif, kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dianalisis menggunakan SWOT untuk merumuskan strategi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pihak sekolah telah menyadari pentingnya strategi pemasaran dalam meningkatkan citra sekolah, namun implementasinya masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia, anggaran yang minim, serta belum optimalnya tim pemasaran dan tim kreatif. Dengan memperkuat koordinasi internal, memanfaatkan potensi seluruh warga sekolah, serta menyusun program pemasaran yang terencana dan berkelanjutan, sekolah berpotensi untuk meningkatkan visibilitas dan citra sekolah di masyarakat. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan strategi pemasaran bagi lembaga pendidikan lainnya. Kata Kunci: Startegi Pemasaran, School Branding, Pendidikan. date: 2025-04-14 date_type: published pages: 97 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ridwan, Aisyah Hamidah and Hartini, Sri and Hannan, Sufrin (2025) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan School Branding di SMPIT At-Takwin. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/1/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/2/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/3/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20BAB%201.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/4/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20BAB%202.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/5/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20BAB%203.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10047/6/2025%20Aisyah%20Hamidah%20Ridwan%20021121352%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf