eprintid: 10048 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/00/48 datestamp: 2025-10-08 05:17:00 lastmod: 2025-10-08 05:17:00 status_changed: 2025-10-08 05:17:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siregar, Aisyah Rahmadani creators_name: Yudha, Aditya Prima creators_name: Hayati, Yetty Husnul creators_NPM: 021121141 creators_NPM: 0406088602 creators_NPM: 0425036301 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Siregar, Aisyah Rahmadani contributors_name: Yudha, Aditya Prima contributors_name: Hayati, Yetty Husnul contributors_NIDN: 021121141 contributors_NIDN: 0406088602 contributors_NIDN: 0425036301 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung pada Desa Wisata di Kabupaten Bogor ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: AISYAH RAHMADANI SIREGAR. 021121141. Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung pada Desa Wisata di Kabupaten Bogor. Di bawah bimbingan: ADITYA PRIMA YUDHA S.PI., MM dan YETTY HUSNUL HAYATI, SE., MM, 2025. Perkembangan teknologi informasi telah mendorong perubahan dalam cara konsumen memperoleh informasi, termasuk dalam sektor pariwisata. Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan promosi media sosial menjadi sarana penting dalam memengaruhi minat konsumen terhadap suatu destinasi wisata. Desa wisata sebagai salah satu bentuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat memerlukan strategi komunikasi digital yang efektif untuk menarik minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-WOM dan promosi media sosial terhadap minat berkunjung pada desa wisata di Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke desa wisata. Dari dua variabel independen tersebut, promosi media sosial memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan eWOM dalam meningkatkan minat berkunjung masyarakat ke desa wisata di kabupaten Bogor. Kata kunci : Electronic Word of Mouth, Promosi Media Sosial, dan Minat Berkunjung date: 2025-05-17 date_type: published pages: 99 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Siregar, Aisyah Rahmadani and Yudha, Aditya Prima and Hayati, Yetty Husnul (2025) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung pada Desa Wisata di Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/1/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/2/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/3/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/4/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/5/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/6/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10048/7/2025%20Aisyah%20Rahmadani%20Siregar%20021121141%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf