eprintid: 10051 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/51 datestamp: 2025-10-08 05:20:08 lastmod: 2025-10-08 05:20:08 status_changed: 2025-10-08 05:20:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur, Futri Sidh Ahtun creators_NPM: 037121133 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ratih, Purnamasari contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0406068603 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbantuan QR Code Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat di Sekitarku : Pendekatan Research And Development Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Situpete Kota Bogor Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nur Futri Sidh Ahtun, 037121133 Pop pop up book merupakan jenis buku tiga dimensi yang menunjukkan elemen-elemen kertas yang dapat bergerak, tegak, atau muncul saat halaman dibuka. Namun di SDN Situpete Kota Bogor, belum bervariatif. Oleh karena itu, di dalam proses pembelajaran diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran berbantuan Qr Code agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariatif. Penelitian ditunjukan untuk mengembangkan serta mencari tahu kelayakan Media Pop Up Book Berbantuan Qr Code Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat Di Sekitarku. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar instrument yang berupa angket. Uji produk dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi dosen dan ahli materi guru. Hasil penilaian dari ahli media 100%, ahli bahasa 100%, ahli mteri dosen 98,3%, dan ahli materi guru 96,6% yang artinya sangat layak untuk di implementasikan. serta berdasarkan uji coba terbatas yang dilakukan kepada peserta didik kelas IV A sebanyak 25 orang memperoleh nilai persentase sebesar 97,0% yang artinya pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbantuan Qr Code Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat Di Sekitarku sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book Berbantuan Qr Code, Motivasi Belajar, Efektif dan Efektifitas. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nur, Futri Sidh Ahtun (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbantuan QR Code Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat di Sekitarku : Pendekatan Research And Development Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Situpete Kota Bogor Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10051/1/2025_SKRIPSI_Nur%20Futri%20Sidh%20Ahtun_037121133-1-132_compressed.pdf