@phdthesis{eprintsunpak10053, year = {2025}, author = {Awalianisya Mulyadi Cindy}, title = {Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.}, school = {Universitas Pakuan}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/10053/}, abstract = {Cindy Awalianisya Mulyadi. 032121005. Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa pada iklan komersial yang ditayangkan dalam kanal YouTube Kok Bisa dan Ruangguru edisi Maret 2025 serta mengetahui implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata sehingga tidak menekankan pada angka. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, frasa atau kalimat dalam iklan komersial yang mengandung gaya bahasa metafora, antitesis, metonimia, dan repetisi yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik simak dan teknik catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan sebanyak 120 data penggunaan gaya bahasa dalam iklan komersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa metonimia merupakan gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam iklan komersial pada kanal YouTube Kok Bisa dan Ruangguru edisi Maret 2025. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP, khususnya pada aspek kebahasaan dalam materi teks iklan, karena sejalan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang mendorong penyajian pembelajaran berbasis multimodal untuk mengembangkan kompetensi literasi siswa secara lebih kontekstual dan interaktif. Kata Kunci: gaya bahasa, iklan komersial, YouTube} }