eprintid: 10053 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/53 datestamp: 2025-10-08 05:21:44 lastmod: 2025-10-08 05:21:44 status_changed: 2025-10-08 05:21:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cindy, Awalianisya Mulyadi creators_NPM: 032121005 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_name: Siti, Chodijah contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0404098403 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Cindy Awalianisya Mulyadi. 032121005. Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa pada iklan komersial yang ditayangkan dalam kanal YouTube Kok Bisa dan Ruangguru edisi Maret 2025 serta mengetahui implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata sehingga tidak menekankan pada angka. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, frasa atau kalimat dalam iklan komersial yang mengandung gaya bahasa metafora, antitesis, metonimia, dan repetisi yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik simak dan teknik catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan sebanyak 120 data penggunaan gaya bahasa dalam iklan komersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa metonimia merupakan gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam iklan komersial pada kanal YouTube Kok Bisa dan Ruangguru edisi Maret 2025. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP, khususnya pada aspek kebahasaan dalam materi teks iklan, karena sejalan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang mendorong penyajian pembelajaran berbasis multimodal untuk mengembangkan kompetensi literasi siswa secara lebih kontekstual dan interaktif. Kata Kunci: gaya bahasa, iklan komersial, YouTube date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Cindy, Awalianisya Mulyadi (2025) Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10053/1/Skripsi_Cindy%20Awalianisya%20Mulyadi_032121005_compressed.pdf