<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MAJAS SINDIRAN DALAM YOUTUBE MATA NAJWA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA"^^ . "Anwar Ibrahim. 032121023. Majas Sindiran Dalam YouTube Mata Najwa\r\ndan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Kota\r\nBogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Wildan\r\nFauzi Mubarock, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan majas sindiran dalam\r\nkanal YouTube Mata Najwa edisi Pilkada 2024 dan mengkaji implikasinya\r\nterhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Fokus utama penelitian\r\nini adalah lima jenis majas sindiran, yaitu ironi, sinisme, sarkasme, satire, dan\r\ninnuendo, yang dianalisis dari lima video program “Melihat Lebih Dekat” pada\r\nkanal Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif\r\ndengan teknik pengumpulan data berupa observasi dokumenter dan pencatatan\r\ntuturan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam majas sindiran yang\r\ndigunakan oleh narasumber dalam menyampaikan kritik politik secara halus\r\nmaupun tajam. Majas tersebut memiliki konteks penggunaan yang spesifik dan\r\nmenyampaikan makna tersirat terhadap fenomena sosial-politik yang sedang\r\nberlangsung. Temuan ini selanjutnya dianalisis untuk mengetahui potensi\r\nimplementasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi\r\nteks anekdot di Fase E Kurikulum Merdeka. Melalui pemanfaatan kutipan sindiran\r\ndalam video Mata Najwa sebagai bahan ajar, siswa dapat dilatih untuk mengenali\r\nmakna implisit, berpikir kritis, dan memahami isu sosial secara kontekstual.\r\nPenelitian ini juga menghasilkan gambaran modul ajar yang relevan berbasis data\r\nautentik dari media digital, yang disertai kode batang untuk memudahkan akses\r\npembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini tidak hanya memperkaya\r\nkajian stilistika dan pragmatik dalam linguistik, tetapi juga memberikan kontribusi\r\nnyata dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang adaptif terhadap\r\nperkembangan media dan kebutuhan literasi kritis siswa.\r\nKata Kunci: Majas sindiran, Mata Najwa, YouTube, teks anekdot, pembelajaran\r\nBahasa Indonesia."^^ . "2025" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Ibrahim"^^ . "Anwar"^^ . "Ibrahim Anwar"^^ . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Fauzi Mubarock"^^ . "Wildan"^^ . "Fauzi Mubarock Wildan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "MAJAS SINDIRAN DALAM YOUTUBE MATA NAJWA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Text)"^^ . . . "SKRIPSI ANWAR IBRAHIM PBSI 2025-1-134_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #10054 \n\nMAJAS SINDIRAN DALAM YOUTUBE MATA NAJWA \nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN \nBAHASA INDONESIA DI SMA\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .