eprintid: 10057 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/57 datestamp: 2025-10-08 05:22:40 lastmod: 2025-10-08 05:22:40 status_changed: 2025-10-08 05:22:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Wihelmi Az Zahra creators_NPM: 037121025 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_name: M. Ginanjar, Ganeswara contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan E-Modul Menggunakan Website Genially pada Materi Bertukar atau Membayar : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tonjong 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Putri Wihelmi Az Zahra. 037121025. Pengembangan E-Modul Menggunakan Website Genially pada Materi Bertukar atau Membayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan efektivitas e-modul menggunakan website genially terhadap proses pembelajaran kelas IV di SDN Tonjong 03 pada semester genap, tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji validasi dilakukan pada ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengembangkan dan menyempurnakan e-modul menggunakan website genially untuk peserta didik. Lembar angket respon peserta didik, soal pretest dan soal posttest disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas e-modul menggunakan website genially pada pembelajaran. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, ahli materi dosen sebesar 97,3% dengan kriteria sangat layak, dan ahli materi guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan menunjukkan bahwa pengembangan e-modul menggunakan website genially sangat layak dan menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, E-Modul, Genially, Sekolah Dasar date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Putri, Wihelmi Az Zahra (2025) Pengembangan E-Modul Menggunakan Website Genially pada Materi Bertukar atau Membayar : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tonjong 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10057/1/SKRIPSI%20PUTRI%20WIHELMI%20AZ%20ZAHRA-1-120_compressed.pdf