eprintid: 10058 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/58 datestamp: 2025-10-08 05:22:54 lastmod: 2025-10-08 05:22:54 status_changed: 2025-10-08 05:22:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Sabrina Murtafiah creators_NPM: 037121111 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Fitri, Anjaswuri contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Heyzine Flipbook Pada Materi Teks Eksposisi : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Putri Sabrina Murtafiah. 037121111. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Heyzine Flipbook Pada Materi Teks Eksposisi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektivitasan dari produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panaragan 1 Kota Bogor pada kelas V-B yang berjumlah 30 peserta didik tahun pembelajaran semester genap 2024/2025. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan dengan membuat lembar instrumen observasi, wawancara, penilaian angket dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbantuan heyzine flipbook bedasarkan rata-rata penilaian validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 96%, Ahli bahasa sebesar 98%, ahli media sebesar 94% yang termasuk pada kategori ‘sangat layak”. Hasil angket respon peserta didik memperoleh 92% dan hasil angket respon guru memperoleh 96% dengan kategori “sangat baik” dan skor rata-rata N-Gain memperoleh 0,72 dengan kategori tinggi. Bedasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar digital berbantuan heyzine flipbook pada materi teks ekpsosisi dinyatakan “sangat layak” dan “sangat baik” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Heyzine Flipbook, Teks Eksposisi date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Putri, Sabrina Murtafiah (2025) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Heyzine Flipbook Pada Materi Teks Eksposisi : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10058/1/skripsi%20margin%20asli%20lengkap-1-139_compressed.pdf