eprintid: 10070 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/70 datestamp: 2025-10-08 05:27:18 lastmod: 2025-10-08 05:27:18 status_changed: 2025-10-08 05:27:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur, Najmi Hashifah creators_NPM: 037121026 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_name: Mira, Mirawati contributors_NIDN: 0417057704 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Soal Tes Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Wordwall pada Materi Keragaman Bahasa Daerah di Indonesia : Pendekatan Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Cijujung 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nur Najmi Hashifah 037121026. Pengembangan Soal Tes Evaluasi Menggunakan Wordwall Pada Materi Keragaman Bahasa Daerah Di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektivitasan dari produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cijujung 01 pada kelas IV-B yang berjumlah 32 peserta didik dengan tahun pembelajaran pada semester genap 2024/2025. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan dengan membuat lembar intrumen observasi, wawancara, penilaian angket dari ahli media, ahli bahasa, ahli materi oleh dosen, ahli materi oleh guru kelas, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal tes evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall di kelas IV-B SDN Cijujung 01 berdasarkan rata-rata penilaian validasi ahli media memperoleh 100%, ahli bahasa memperoleh 96%, ahli materi oleh dosen memperoleh 94% dan ahli materi oleh guru memperoleh 97% yang termasuk pada kategori “sangat layak”. Hasil angket respon peserta didik memperoleh 94% dengan kategori “sangat baik” dan nilai skor rata-rata N-Gain memperoleh 0,66 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa soal tes evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall ini dikembangkan agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga pembelajaran ini sangat layak digunakan di sekolah. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Keragaman Bahasa Daerah di Indonesia, Wordwall date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nur, Najmi Hashifah (2025) Pengembangan Soal Tes Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Wordwall pada Materi Keragaman Bahasa Daerah di Indonesia : Pendekatan Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Cijujung 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10070/1/SKRIPSI%20NAJMI%20YG%20BENER%20FIX%20TERAKHIR%21%21%21-1-156_compressed.pdf