eprintid: 10073 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/73 datestamp: 2025-10-17 03:40:47 lastmod: 2025-10-17 03:40:47 status_changed: 2025-10-17 03:40:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nida, Nadia creators_NPM: 037118013 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Lina, Novita contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan E-Book Berbasis Canva pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Siklus Air : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V SDN Dayeuh Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan dalam penggunaan teknologi pada proses pembelajaran, khususnya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Kecanggihan teknologi yang semakin pesat ini mengharuskan guru untuk memanfaatkannya ke dalam proses pembelajaran, salah satunya untuk mengembangkan bahan ajar. Pada penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan berupa e-book berbasis canva pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023 dengan populasi dan sampel kelas V SD Negeri Dayeuh Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 34 peserta didik. Pelaksanaan uji coba dilakukan secara terbatas dengan responden yang sudah ditentukan. Hasil penelitian dari validasi ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi mendapatkan hasil persentase rata-rata keseluruhan 93,48% yang menunjukkan bahwa bahan ajar e-book “Sangat Layak”. Pada tahap uji coba terbatas didaptkan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book “Sangat Baik” dengan mendapatkan hasil persentase rata-rata keseluruhan sebesar 90,36%. Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli dan respon peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-book berbasis canva sangat layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran, menarik, interaktif, dan praktis. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, e-book, siklus ai date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nida, Nadia (2023) Pengembangan E-Book Berbasis Canva pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Siklus Air : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V SDN Dayeuh Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10073/1/NIDA%20NADIA%20037118013.pdf