eprintid: 10074 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/00/74 datestamp: 2025-10-17 03:40:49 lastmod: 2025-10-17 03:40:49 status_changed: 2025-10-17 03:40:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shofa, Nadya creators_NPM: 037121075 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_name: Rini, Sri Indriyani contributors_NIDN: 0405056904 contributors_NIDN: 0407118204 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidarits Siswa : Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Shofa Nadya. 037121075. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa. Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa, subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa yang belum mampu menanamkan nilai-nilai seperti tolong-menolong, toleransi, kerja sama, dan tanggung jawab di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024-2025. RAP, MR, MA dan DA sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan subjek, wali kelas, guru agama dan orang tua menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum menunjukkan perkembangan positif dalam penerapan nilai- nilai keagamaan yang membentuk sikap solidaritas, masih terdapat tantangan berupa individualisme dan rendahnya kepedulian sosial pada sebagian siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut meliputi peran guru, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar serta budaya sekolah yang religius. Penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara pembelajaran agama, keteladanan guru, dan keterlibatan orang tua dalam menumbuhkan sikap solidaritas sejak usia dini. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Solidaritas. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shofa, Nadya (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidarits Siswa : Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10074/1/SKRIPSI_SHOFA_NADYA_037121075_FINAL_compressed.pdf