%X CHOERUL UMAM. 022121069. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tax Morale Pada Gen-Z Sebagai Calon Wajib Pajak Potensial. Di bawah bimbingan: AGUNG FAJAR ILMIYONO dan MUTIARA PUSPA WIDYOWATI. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal Generasi Z terhadap moral pajak, yaitu nasionalisme, kepercayaan pada pemerintah, persepsi terhadap tingkat korupsi, dan religiositas, baik secara parsial maupun simultan. Generasi Z merupakan generasi yang aktif menggunakan teknologi dan berpotensi menjadi wajib pajak. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Pakuan kelahiran 1997–2012 sebanyak 17.013 orang. Sampel sebanyak 400 responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dan dipilih secara proporsional dari seluruh fakultas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert, dan analisis data menggunakan metode partial least squares dengan structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa nasionalisme dan religiusitas memiliki pengaruh yang paling besar terhadap tax morale, persepsi tingkat korupsi berpengaruh terhadap tax morale, dan kepercayaan kepada pemerintah memiliki pengaruh signifikan terhadap tax morale. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak. Pemerintah dapat memperkuat moral pajak Generasi Z melalui pendidikan dan kampanye nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas, serta dengan meningkatkan transparansi pengelolaan pajak untuk menurunkan persepsi korupsi dan membangun kepercayaan publik. Kata kunci: tax morale, nasionalisme, kepercayaan kepada pemerintah, korupsi, religiusitas. %D 2025 %T nalisis Faktor Yang Mempengaruhi Tax Morale Pada Gen-Z Sebagai Calon Wajib Pajak Potensial %I Universitas Pakuan %L eprintsunpak10079 %A Choerul Umam %A Agung Fajar Ilmiyono %A Mutiara Puspa Widyowati