eprintid: 10101 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/01/01 datestamp: 2025-10-17 03:41:35 lastmod: 2025-10-17 03:41:35 status_changed: 2025-10-17 03:41:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anugrah, Ronansa Ananda creators_NPM: 037119070 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Rukmini, Handayani contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0412078704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Eksperimen Kuasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Anugrah Ronansa Ananda, 037119070. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen desain tiga grup. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Konvensional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Julang Kota Bogor pada semester dua tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen kuasi desain tiga grup. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor dengan jumlah peserta didik 75 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April semester genap. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar atau N-gain diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,025 ≤ 0,173, pada kelompok kelas Project Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,005 ≤ 0,173, dan pada kelompok kelas kontrol di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai 0,731 ≤ 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didaptkan thitung sebesar 5,31 lebih besar dari ttabel sebesar 2,0`603, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Konvensional pada siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor. Kata Kunci: Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Anugrah, Ronansa Ananda (2023) Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Eksperimen Kuasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10101/1/Anugrah%20Ronansa%20Ananda%20037119070-1-6.pdf