@phdthesis{eprintsunpak10113, title = {Pengembangan E-LPKD Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia : Pendekatan Penelitian Research and Development (R\&D) Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tunggilis Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Chika Heryanti Aldila}, year = {2025}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/10113/}, abstract = {Aldila Chika Heryanti (037121008) Pengembangan E-LKPD menggunakan Liveworksheet pada materi jenis-jenis kebutuhan manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan implementasi E-LKPD menggunakan Liveworksheet pada materi jenis-jenis kebutuhan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R\&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tunggilis. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV-3 yang terdiri dari 33 peserta didik. Penelitian ini diawali dengan tahap analisis kebutuhan dan kurikulum melalui kegiatan observasi dan wawancara, mendesain E-LKPD sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran serta kebutuhan peserta didik. Kemudian, melakukan pengembangan E-LKPD dengan uji validasi produk E-LKPD, mengimplementasikan produk E-LKPD kepada peserta didik dan melakukan evaluasi terhadap E-LKPD yang diimplementasikan dengan menghitung hasil angket respon peserta didik dan guru. Uji validasi produk E-LKPD dilakukan dengan para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheet ini memperoleh persentase validasi ahli media sebesar 96\%, ahli bahasa 98\%, ahli materi 92\% dan ahli materi dengan validator guru 100\%. Hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase 81,51\% dan hasil angket respon guru memperoleh persentase 98\% dengan kategori sangat baik. Hasil post-test yang dilakukan, memperoleh nilai rata-rata 80 dan dapat mencapai batas nilai KKTP mata pelajaran IPAS sebesar 77 persentase peserta didik dengan nilai mencapai batas KKTP yaitu 60,61\% dan persentase peserta didik dengan nilai tidak mencapai batas KKTP 39,39\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheet layak digunakan oleh peserta didik kelas IV dalam proses pembelajaran dan dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik melalui peran aktifnya dalam belajar. Kata kunci: E-LKPD, Liveworksheet, pemahaman, belajar} }