eprintid: 10114 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/01/14 datestamp: 2025-10-17 03:41:56 lastmod: 2025-10-17 03:41:56 status_changed: 2025-10-17 03:41:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Darojatul, Ulya creators_NPM: 037121089 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nita, Karmila contributors_name: Resyi, A. Gani contributors_NIDN: 0425128802 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Formatif Menggunakan Website Gimkit Pada Topik Kondisi Perekonomian Di Daerahku: Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegallega 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024-2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Darojatul ‘Ulya. 037121089. “Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Website Gimkit Pada Topik Kondisi Perekonomian di Daerahku”. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Website Gimkit pada Topik Kondisi Perekonomian di Daerahku. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tegallega 02 Kota Bogor dengan subyek penelitian 24 peserta didik kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Uji validitas penelitian ini dilakukan oleh ahli media, bahasa, dan 2 materi. Selain peneliyian dari para ahli, angket respon peserta didik dan guru juga diberikan untuk mengembangkan dan menyempurnakan evaluasi pembelajaran menggunakan Website Gimkit. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa diperoleh persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli materi (dosen) diperoleh persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli materi (guru) diperoleh persentase 100% dengan kriteria “Sangat Layak”, dengan rata-rata hasil 98% yang termasuk pada kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil coba 94% dengan kriteria “Sangat Layak”, serta hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Website Gimkit pada Topik Kondisi Perekonomian di Daerahku layak dihgunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Model ADDIE, Kondisi Perekonomian di Daerahku, Website Gimkit date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Darojatul, Ulya (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Formatif Menggunakan Website Gimkit Pada Topik Kondisi Perekonomian Di Daerahku: Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegallega 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024-2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.