%0 Thesis %9 Skripsi %A Safira, Tyas Handayani %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2023 %F eprintsunpak:10127 %I Universitas Pakuan %T Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 %U http://eprints.unpak.ac.id/10127/ %X Safira Tyas Handayani. 037119101. Pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekoalh Dasar Negeri Julang yang terdiri dari 49 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun pelajaran 2022/2023. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. hal ini terlihat dari n-gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 70, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatka rata-rata n- gain 57. ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 88% serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,8690) > ttabel (2,01174). Dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning