eprintid: 10127 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/01/27 datestamp: 2025-10-17 03:42:39 lastmod: 2025-10-17 03:42:39 status_changed: 2025-10-17 03:42:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safira, Tyas Handayani creators_NPM: 037119101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Irvan, Permana contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0419047702 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Safira Tyas Handayani. 037119101. Pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekoalh Dasar Negeri Julang yang terdiri dari 49 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun pelajaran 2022/2023. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. hal ini terlihat dari n-gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 70, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatka rata-rata n- gain 57. ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 88% serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,8690) > ttabel (2,01174). Dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Safira, Tyas Handayani (2023) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10127/1/Skripsi%20Safira%20Tyas%20Handayani_037119101%20FIX-1-95.pdf