eprintid: 10132 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/01/32 datestamp: 2025-10-17 03:42:55 lastmod: 2025-10-17 03:42:55 status_changed: 2025-10-17 03:42:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ridha, Yuniar Azhari creators_NPM: 037121063 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Tustiyana, Windiyani contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbulder Pada kelas V Materi Perubahan Lingkungan : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negri Kota Batu 06 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Ridha Yuniar Azhari. 037121063 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menilai kelayakan serta menguji efektifitas Media E- Modul Menggunakan Flipbuilder Pada Kelas V Materi Perubahan Lingkungan, terhadap peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 06. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh 6 validator yaitu ahli media, bahasa, dan materi, kemudian diuji coba pada kelas V untuk mengevaluasi respon mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan respon peserta didik terhadap media e-modul ini sangat positif, dengan presentase penilaian 83,55% dan guru menunjukkan respon peserta didik terhadap media e-modul ini sangat positif, dengan presentase penilaian 98% dari ahlli media ke 1 90% dan dari ahli media ke 2 88%, dari ahli bahasa ke 1 90% dan ahli bahasa ke 2 98%, dari ahli dosen materi 95% dan ahli matei guru 97%. Hal ini menunjukkan bahwa media e-modul menggunaka flipbuilder untuk media ajar pada materi seperti perubahan lingkungan yang telah dikembangkan telah efektif dan sangat layak digunakan serta efektivitas dengan rata-rata skor N-Gain 0,76 dikatakan tinggi serta dapat digunakan didalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas dalam media e-modul di sekolah. Kata Kunci: e-modul, flipbuilder, perubahan lingkungan date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ridha, Yuniar Azhari (2025) Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbulder Pada kelas V Materi Perubahan Lingkungan : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negri Kota Batu 06 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.