eprintid: 10133 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/01/33 datestamp: 2025-10-17 03:42:58 lastmod: 2025-10-17 03:42:58 status_changed: 2025-10-17 03:42:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yasmin, Maulidasari creators_NPM: 037121027 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rais, Hidayat contributors_name: Rukmini, Handayani contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0412078704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Card Negara Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Yasmin Maulidasari, 037121027. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media question card terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD Negeri Margajaya 4 dengan jumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan dengan uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan Uji Hipotesis (Uji- t). Diperoleh skor rata- rata N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 70 dan skor rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 59. Kemudian hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung (3,32929) > ttabel (2,01290) untuk signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Problem Based Learning berbantuan media question card terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: Problem Based Learning, Question Card, Hasil Belajar. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yasmin, Maulidasari (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Card Negara Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10133/1/SKRIPSI%20FULL_YASMIN%20MS%20037121027-1-117_compressed.pdf