eprintid: 10173 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/01/73 datestamp: 2025-11-02 14:19:00 lastmod: 2025-11-02 14:19:00 status_changed: 2025-11-02 14:19:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sa’diah, Novatu creators_name: Andria, Fredi creators_name: Hamzah, Hamzah creators_NPM: 021121277 creators_NPM: 0424087501 creators_NPM: 0420047203 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sa'diah, Novatu contributors_name: Andria, Fredi contributors_name: Bustomi, Hamzah contributors_NIDN: 021121277 contributors_NIDN: 0424087501 contributors_NIDN: 0420047203 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: NOVATU SA’DIAH. 021121277. Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan HAMZAH BUSTOMI, 2025. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, telah mengubah cara destinasi wisata dalam mempromosikan tempatnya, salah satunya menggunakan media sosial yaitu platfrom Instagram yang memiliki keunggulan dalam menyajikan konten menarik, di era digital ini promosi konvensional mulai ditinggalkan dan bergeser ke media digital yang lebih interaktif dan menjangkau khalayak luas. Salah satu destinasi wisata Puncak Bogor Gardenia Park Cilember turut memanfaatkan Instagram untuk memperkenalkan serta menarik para pengunjung dalam berkunjung ke Wisata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat efektivitas promosi melalui media sosial Instagram pada Wisata Gardenia Park Cilember, dan dimensi mana yang paling dominan dalam mempromosikan wisata, serta memberikan rekomendasi strategi pada Wisata Gardenia Park Cilember dalam mempromosikan wisatanya melalui media sosial Instagram. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan menggunakan data primer dan sekunder. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah melakukan uji validitas dan reliabilitas, serta menggunakan EPIC Model dengan cara menghitung tabulasi sederhana, menghitung skor rata-rata dan menghitung epic rate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas promosi melalui media sosial Instagram pada Wisata Gardenia Park Cilember mendapat hasil yang baik berdasarkan pada dimensi Empathy, Persuasion, Impact, Communication sehingga mendapat ulasan positif. Adapun hasil nilai EPIC rate secara keseluruhan yaitu sebesar 4,16 yang berada pada rentang penilaian 3,41 – 4,20 menunjukkan bahwa berada pada tingkat efektif, yang artinya bahwa aktivitas media sosial Instagram Gardenia Park Cilember yang sudah dilakukan sampai saat ini sudah terbilang efektif sebagai alat promosi untuk memperkenalkan wisata Gardenia Park Cilember pada audien. Kata Kunci: Efektivitas Promosi, Media Sosial, Wisata, EPIC Model date: 2025-06-18 date_type: published pages: 89 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sa’diah, Novatu and Andria, Fredi and Hamzah, Hamzah (2025) efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10173/1/2025%20Novatu%20Sa%27diah%20021121277%20Bab%20%281%29.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10173/2/2025%20Novatu%20Sa%27diah%20021121277%20Bab%20%282%29.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10173/3/2025%20Novatu%20Sa%27diah%20021121277%20Bab%20%283%29.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/10173/4/2025%20Novatu%20Sa%27diah%20021121277%20Daftar%20Pustaka.pdf