%T Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Consumers Non-Cyclicals Yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2023. %A Shiva Putri Amelia %A Joko Supriyanto %A Wiwik Budianti %I Universitas Pakuan %D 2025 %L eprintsunpak10184 %X SHIVA PUTRI AMELIA. 022121040. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Consumers Non-Cyclicals Yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2023. Di bawah bimbingan: JOKO SUPRIYANTO dan WIWIK BUDIANTI. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sektor Consumers Non-Cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2019–2023. Variabel profitabilitas diukur menggunakan Return on Equity (ROE), leverage menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), dan agresivitas pajak diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda terhadap sampel perusahaan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, di mana semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan, maka semakin besar kecenderungan perusahaan untuk melakukan agresivitas pajak. Selain itu, leverage juga berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, menunjukkan bahwa semakin besar penggunaan utang, semakin besar pula kemungkinan perusahaan memanfaatkan beban bunga untuk menekan beban pajak. Kedua variabel indpeenden juga secara simultan berpengaruh signifikan. Temuan ini menyimpulakan profitabilitas dan leverage memiliki peran penting dalam memengaruhi agresivitas pajak yang dijalankan perusahaan, serta dapat menjadi pertimbangan bagi otoritas pajak dalam mengidentifikasi potensi agresivitas pajak di sektor consumers non-cyclicals. Kata kunci: Agresivitas Pajak, Leverage, Profitabilitas.