eprintid: 10196 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/01/96 datestamp: 2025-11-05 02:18:40 lastmod: 2025-11-05 02:18:40 status_changed: 2025-11-05 02:18:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afiah, Afiah creators_name: Salmah, Salmah creators_name: Patra, Eka creators_NPM: 021121197 creators_NPM: 0414078405 creators_NPM: 0401117607 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Afiah, Afiah contributors_name: Salmah, Salmah contributors_name: Patra, Eka contributors_NIDN: 021121197 contributors_NIDN: 0414078405 contributors_NIDN: 0401117607 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: none abstract: AFIAH. 021121197. Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari. Di bawah bimbingan: SALMAH dan EKA PATRA. 2025. Adanya penurunan jumlah nasabah produk BSI Griya dalam dua tahun terakhir menjadi latar belakang tugas akhir ini. Dalam menghadapi persaingan yang ketat baik dari bank konvensional maupun lembaga keuangan digital, BSI dituntut untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif agar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk BSI Griya pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Bogor Pajajaran Sukasari. BSI Griya merupakan produk pembiayaan kepemilikan rumah yang ditawarkan berdasarkan prinsip syariah, dengan skema akad murabahah, musyarakah mutanaqisah, dan ijarah. Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh persaingan ketat dalam industri pembiayaan perumahan antara bank konvensional lain, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk tetap kompetitif. Tugas akhir ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Fokus analisis terletak pada implementasi bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil tugas akhir menunjukkan bahwa meskipun secara umum strategi pemasaran BSI Griya telah diterapkan sesuai prinsip pemasaran jasa, namun masih terdapat kelemahan pada indikator produk, harga, promosi, dan orang (sumber daya manusia) yang perlu segera diatasi melalui strategi pemasaran yang lebih inovatif dan adaptif. Rekomendasi dari tugas akhir ini antara lain adalah edukasi syariah yang interaktif dan modern, penguatan digital marketing pelatihan SDM dengan fokus pada soft skill & digital literacy. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, BSI Griya, Bank Syariah Indonesia, Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P date: 2025-06-12 date_type: published pages: 97 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Afiah, Afiah and Salmah, Salmah and Patra, Eka (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.