%0 Thesis %9 Skripsi %A Sulaiman, Meitri Berta %A Alipudin, Asep %A Rahmi, Amelia %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Manajemen, %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis %D 2025 %F eprintsunpak:10200 %I Universitas Pakuan %P 89 %T nalisis Strategi Pengelolaan Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. %U http://eprints.unpak.ac.id/10200/ %X MEITRI BERTA SULAIMAN. 021121232. Analisis Strategi Pengelolaan Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. Di bawah bimbingan: ASEP ALIPUDIN dan AMELIA RAHMI. 2025. PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok sebagai penyedia jasa kelistrikan menghadapi permasalahan piutang tak tertagih akibat sistem pembayaran pascabayar yang berisiko gagal bayar dari pelanggan. Permasalahan ini berdampak pada terganggunya arus kas dan efektivitas operasional. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan piutang yang diterapkan perusahaan dalam upaya meminimalisir piutang tak tertagih. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kegiatan magang di PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis difokuskan pada empat aspek strategi pengelolaan piutang, yaitu standar kredit, persyaratan kredit, kebijakan penagihan, dan evaluasi terhadap pelanggan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok telah menerapkan strategi pengelolaan piutang yang efektif dengan menggunakan standar dan persyaratan kredit yang jelas, terstruktur, dan sistematis. Selain itu, PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok juga menjalankan kebijakan pengumpulan piutang dengan baik, termasuk memberikan peringatan kepada pelanggan yang menunggak serta mengambil tindakan sesuai prosedur yang berlaku. Secara berkala, PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok melakukan evaluasi terhadap pelanggan untuk menilai kelayakan kredit, memantau riwayat pembayaran, dan mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan tingkat risiko penagihan. Kata kunci: Piutang, Strategi Pengelolaan Piutang, Piutang Tak Tertagih