eprintid: 10200 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/02/00 datestamp: 2025-11-05 02:19:03 lastmod: 2025-11-05 02:19:03 status_changed: 2025-11-05 02:19:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulaiman, Meitri Berta creators_name: Alipudin, Asep creators_name: Rahmi, Amelia creators_NPM: 021121232 creators_NPM: 0412118902 creators_NPM: 1013038601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sulaiman, Meitri Berta contributors_name: Alipudin, Asep contributors_name: Rahmi, Amelia contributors_NIDN: 021121232 contributors_NIDN: 0412118902 contributors_NIDN: 1013038601 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: nalisis Strategi Pengelolaan Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. ispublished: unpub subjects: 32 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: none abstract: MEITRI BERTA SULAIMAN. 021121232. Analisis Strategi Pengelolaan Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. Di bawah bimbingan: ASEP ALIPUDIN dan AMELIA RAHMI. 2025. PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok sebagai penyedia jasa kelistrikan menghadapi permasalahan piutang tak tertagih akibat sistem pembayaran pascabayar yang berisiko gagal bayar dari pelanggan. Permasalahan ini berdampak pada terganggunya arus kas dan efektivitas operasional. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan piutang yang diterapkan perusahaan dalam upaya meminimalisir piutang tak tertagih. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kegiatan magang di PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis difokuskan pada empat aspek strategi pengelolaan piutang, yaitu standar kredit, persyaratan kredit, kebijakan penagihan, dan evaluasi terhadap pelanggan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok telah menerapkan strategi pengelolaan piutang yang efektif dengan menggunakan standar dan persyaratan kredit yang jelas, terstruktur, dan sistematis. Selain itu, PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok juga menjalankan kebijakan pengumpulan piutang dengan baik, termasuk memberikan peringatan kepada pelanggan yang menunggak serta mengambil tindakan sesuai prosedur yang berlaku. Secara berkala, PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok melakukan evaluasi terhadap pelanggan untuk menilai kelayakan kredit, memantau riwayat pembayaran, dan mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan tingkat risiko penagihan. Kata kunci: Piutang, Strategi Pengelolaan Piutang, Piutang Tak Tertagih date: 2025-06-25 date_type: published pages: 89 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sulaiman, Meitri Berta and Alipudin, Asep and Rahmi, Amelia (2025) nalisis Strategi Pengelolaan Piutang Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.