@phdthesis{eprintsunpak10202, title = {trategi Bersaing Rumah Makan Sari Kurnia Berdasarkan Model Lima Kekuatan Porter}, year = {2025}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Mutia Rinda and Fredi Andria and Salmah Salmah}, month = {June}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/10202/}, abstract = {MUTIA RINDA. 021121146. Strategi Bersaing Rumah Makan Sari Kurnia Berdasarkan Model Lima Kekuatan Porter. Di bawah bimbingan FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2025. Seiring dengan perubahan gaya hidup dan meningkatnya kebutuhan masyarakat, industri makanan dan minuman terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Kondisi ini mendorong para pelaku usaha untuk memulai usaha khususnya di bidang kuliner seperti rumah makan. Rumah makan Sari Kurnia merupakan rumah makan yang sedang menghadapi persaingan dalam industri. Strategi bersaing sangat diperlukan dalam hal ini untuk bertahan dan berada di posisi yang menguntungkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi bersaing terkait persaingan antar perusahaan, ancaman pendatang baru, ancaman produk substitusi, kekuatan tawar-menawar pemasok dan kekuatan tawar-menawar pembeli pada rumah makan Sari Kurnia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif eksploratif. Pemilihan responden menggunakan metode non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Metode pengolahan data menggunakan analisis lima kekuatan Porter dengan delphi technique. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan industri persaingan rumah makan Sari Kurnia berada dalam kategori tinggi dengan total skor yang didapat 4,0988. Adapun masing-masing skor dari setiap dimensi yaitu persaingan antar perusahaan sebesar 4,221 rekomendasi strategi yang harus dilakukan yaitu memperkuat tingkat diferensiasi produk dengan cara fokus pada kualitas dan keunikan beberapa menu andalan, ancaman pendatang baru sebesar 4,026 rekomendasi strategi yang harus dilakukan yaitu memperkuat akses saluran distribusi dengan bergabung ke platform pemesanan online, ancaman produk substitusi sebesar 3,145 rekomendasi strategi yang harus dilakukan yaitu menambahkan layanan pesan antar yang dikemas dengan menarik dan higienis, kekuatan tawar-menawar pemasok sebesar 4,440 rekomendasi strategi bersaing yang harus dilakukan yaitu mencari alternatif pemasok untuk menjaga ketersediaan bahan baku dan kekuatan tawar-menawar pembeli sebesar 4,662 rekomendasi strategi bersaing yang harus dilakukan yaitu meningkatkan kualitas produk dari segi rasa. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Lima Kekuatan Porter, Delphi Technique} }