TY - THES ID - eprintsunpak10219 TI - Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. M1 - Skripsi UR - http://eprints.unpak.ac.id/10219/ A1 - Kiki, Purwanti Y1 - 2022/// AV - none PB - Universitas Pakuan N2 - Kiki Purwanti. 036117013. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si, M.Pd, dan Desti Herawati, M.Pd LKPD merupakan perangkat pembelajaran sebagai pelengkap atau sarana pendukung pelaksanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dengan penggunaan LKPD akan membuka kesempatan peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode reseach and development, penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (analisis), Design (merencanakan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan mengetahui apakah LKPD berbasis Project Based Learning layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor. LKPD ini sudah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil dari ahli materi yaitu (77,7) dengan kriteria layak. Dan hasil dari ahli materi yaitu dengan kriteria. Bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi ekosistem layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik. Kata Kunci : Pengembangan bahan ajar LKPD, keterampilan berpikir kreatif ER -