<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan\r\nMenggunakan Metode Balanced Scorecard Di. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk."^^ . "DIAN ANDIANI. 022121044. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan\r\nMenggunakan Metode Balanced Scorecard Di. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Di bawah\r\nbimbingan ASEP ALIPUDIN dan ABDUL KOHAR. 2025.\r\nPengukuran kinerja secara komprehensif sangat penting dalam menghadapi dinamika\r\npersaingan industri yang semakin kompleks. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk sebagai salah\r\nsatu perusahaan agrifood terkemuka di Indonesia perlu memastikan kinerja strategisnya\r\nterpantau dengan baik dan seimbang. Oleh karena itu, Balanced Scorecard hadir sebagai alat\r\nstrategis yang tidak hanya menilai kinerja keuangan, tetapi juga dari sisi non-finansial. Tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja perusahaan secara\r\nmenyeluruh selama periode 2020–2023 dengan menggunakan pendekatan Balanced\r\nScorecard, yang mencakup empat perspektif utama yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis\r\ninternal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik\r\npengumpulan data dokumentasi. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan, kemudian\r\ndiukur menggunakan metode range kinerja pada setiap perspektif pada Balanced Scorecard.\r\nSeluruh indikator kemudian dianalisis dan diberi skor berdasarkan kategori rating scale yang\r\ntelah ditetapkan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat pencapaian kinerja secara\r\ntahunan maupun keseluruhan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa periode tahun 2020–2023, kinerja perusahaan\r\nmenunjukkan fluktuatif dan belum konsisten di semua perspektif. Tahun 2021 merupakan titik\r\ntertinggi dengan total skor 19, namun skor tersebut tidak dapat dipertahankan di tahun 2022\r\ndan 2023. Perspektif keuangan serta pembelajaran dan pertumbuhan menjadi sektor yang\r\npaling lemah, sementara perspektif pelanggan dan proses bisnis internal menunjukkan kinerja\r\nyang cukup baik meskipun belum optimal.\r\nKata kunci: Balanced scorecard, perspektif keungan, perspektif pelanggan, perspektif proses\r\nbisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan"^^ . "2025-07-22" . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . . "Asep"^^ . "Alipudin"^^ . "Asep Alipudin"^^ . . "Abdul"^^ . "Kohar"^^ . "Abdul Kohar"^^ . . "Dian"^^ . "Andiani"^^ . "Dian Andiani"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Ekonomi dan Bisnis"^^ . . . "Program Studi Akuntansi"^^ . . . . . . "HTML Summary of #10244 \n\nAnalisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan \nMenggunakan Metode Balanced Scorecard Di. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.\n\n" . "text/html" . . . "Akuntansi manajemen" . . . "Akuntansi" . .