eprintid: 10260 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/01/02/60 datestamp: 2025-12-01 08:34:24 lastmod: 2025-12-01 08:34:24 status_changed: 2025-12-01 08:34:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafutri, Widya Zahra creators_name: Zaini, Oktori Kiswati creators_name: Gandhy, Abel creators_NPM: 021121082 creators_NPM: 8856180018 creators_NPM: 0409128303 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Syafutri, Widya Zahra contributors_name: Zaini, Oktori Kiswati contributors_name: Gandhi, Abel contributors_NIDN: 021121082 contributors_NIDN: 8856180018 contributors_NIDN: 0409128303 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Efektivitas Iklan Produk Skintific Melalui Social Media Tiktok Menggunakan Metode EPIC (Studi Kasus di Kota Bogor) ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: none abstract: WIDYA ZAHRA SYAFUTRI, 021121082, Efektivitas Iklan Produk Skintific Melalui Social Media Tiktok Menggunakan Metode EPIC (Studi Kasus di Kota Bogor), di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan ABEL GANDHY, 2025. Social media telah mengubah cara berinteraksi, berkomunikasi, dan bahkan berbisnis. Semakin tingginya pengguna social media setiap tahunnya khususnya Tiktok di Indonesia, para pesaing bisnis perlu mengoptimalkan performanya dengan berbagai strategi khusus untuk meningkatkan efektivitas iklan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas iklan produk skintific melalui social media Tiktok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, dengan jenis data kualitatif serta sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan SPSS 25 dan menghitung hasil perolehan untuk EPIC rate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas iklan produk skintific melalui social media Tiktok menggunakan metode EPIC memiliki hasil nilai EPIC model secara keseluruhan yaitu sebesar 3,50. Sehingga berdasarkan pada posisi keputussan, maka nilai 3,50 berada pada rentang skala 3,40 – 4,20 yang berarti bahwa tingkat efektivitas iklan produk skintific masuk kedalam kriteria efektif. Adapun indikator yang paling dominan adalah communication yang memiliki skor nilai yaitu sebesar 3,65. Kata Kunci: Efektivitas iklan, Social media Tiktok, EPIC Model date: 2025-07-21 date_type: published pages: 97 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Syafutri, Widya Zahra and Zaini, Oktori Kiswati and Gandhy, Abel (2025) Efektivitas Iklan Produk Skintific Melalui Social Media Tiktok Menggunakan Metode EPIC (Studi Kasus di Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.