%I Universitas Pakuan %A Nanda Camilla Syifa %D 2023 %L eprintsunpak10284 %T Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Prpblem Basef Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-C yang terdiri atas 56 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan disetiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan sistem undian. Analisis data dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (4,5747) > t-tabel (2,00488) untuk signifikasikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar.