eprintid: 10284 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/01/02/84 datestamp: 2025-12-19 21:07:59 lastmod: 2025-12-19 21:07:59 status_changed: 2025-12-19 21:07:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syifa, Nanda Camilla creators_NPM: 037118176 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Iyan, Irdiyansyah contributors_name: Nur, Hikmah contributors_NIDN: 0417098603 contributors_NIDN: 0408068205 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Prpblem Basef Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-C yang terdiri atas 56 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan disetiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan sistem undian. Analisis data dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (4,5747) > t-tabel (2,00488) untuk signifikasikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Syifa, Nanda Camilla (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Prpblem Basef Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.